Minggu, 03 Februari 2013

LARUNGAN 1 SURO DI TELAGA NGEBEL

Masih dalam rangkaian perayaan Grebeg Suro dan Festival Reog Nasional ke XIX, di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo diadakan satu kegiatan yang tak kalah menariknya dari rangkaian kegiatan-kegiatan yang telah diagendakan yaitu acara ” LARUNGAN 1 SURO ’’ acara yang juga merupakan agenda rutin tahunan.
Acara yang secara resmi di buka oleh Bupati Ponorogo H.Amin.SH. Kamis,15 Nopember 2012 kali ini juga cukup meriah walaupun sedikit hujan grimis namun acara tetap berjalan dan warga yang mengikuti dan menyaksikan acara tersebut tetap antusias menyaksikan acara hingga usai, mereka tampak merasa terhibur.
Dalam sambutannya pada acara tersebut Bupati Ponorogo H.Amin.SH mengatakan ”Grebeg Suro acara mapak tanggal, tanggal satu Suro atau satu Muharam, Suro adalah awal tahun Jawa, Muharram adalah awal tahun Hijriyah. Ada yang mengatakan larungan mengarah kepada kemusyrikan untuk itu biar kita tidak syirik bahwa larungan ini anggaplah acara untuk menyenangkan rakyat,untuk meramaikan daerah wisata telaga ngebel ini. Larungan ini bukanlah acara ritual sekali lagi bukanlah ritual. Kita jangan sampai salah niat maka dari itu sekali lagi kita jangan sampai salah niat. Niat kita hanya memohon kepada Allah SWT”.
Dalam akhir sambutannya Bupati berpesan kepada masyarakat sekitar telaga Ngebel untuk bersikap baik dan ramah menyambut wisatawan yang dating berkunjung di telaga Ngebel.(PANJI/HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar